Penyebab Penyakit Aids yang Perlu Diketahui

Penyakit aids merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya. Bahkan penyakit ini merupakan salah penyakit mematikan sekaligus merupakan penyakit yang paling ditakuti oleh semua orang. Beberapa kasus penyakit ini bisa berujung pada kematian. Faktor penyebab penyakit Aids ada banyak sebenarnya. Dan beberapa diantaranya akan kita bahas pada artikel ini.

Penderita Penyakit HIV di Indonesia

Berdasarkan data dari Kementrian kesehatan republik Indonesia, di tahun 2016 terdapat lebih dari 40.000 kasus orang yang terjangkit penyakit aids. Dan menurut data terakhir yang dirilis oleh Kementrian kesehatan tersebut pada Mart 2017 tercatat ada lebih dari 10.000 orang yang terjangkit HIV dan 650 kasus orang yang terkena Aids.

penyebab penyakit aids pada manusia

Saat mendengar penyakit Aids atau HIV, orang-orang  biasanya sangat takut. Nah apakah anda tahu apa itu penyakit aids dan apa penyebab penyakit Aids? Nah penyakit ini merupakan salah satu penyakit pembunuh manusia di dunia. Banyak yang berakhir meninggal karena penyakit ini, karenanya ketahui gejala dan penyebabnya sejak dini.

Apa itu Aids?

Mungkin kita  selama ini  sering sekali mendengar nama penyakit tersebut, namun tak banyak tahu apa maksud dan artinya. Atau selama  ini, banyak yang menyebut bahwa ini adalah penyakit kelamin. Benarkah  demikian? Aids atau acquired immune deficiency syndrome disingkat Aids adalah kumpulan berbagai gejala dan infeksi akibat rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia akibat infeksi virus HIV (wikipedia).

Apa Penyebab Penyakit Aids?

Secara umum penyebab penyakit Aids adalah adanya virus yang  disesbut dengan humman imunodeficiency virus (HIV). Pada dasarnya ketika HIV masuk kedalam tubuh, virus tersebut akan dimusnahkan oleh sel CD4. Sel CD4 ini merupakan salah satu bagian dari sel darah putih bisa melawan virus. Namun jika terus-terusan terinfeksi oleh virus lama-kelamaan sel ini akan habis dan melemah. Sehingga kondisi badan pun semakin memburuk.

Bagaimana Cara Penularan AIDS?

penyebab penyakit Aids dan karakteristiknya

Perlu diketahui bahwa ada beberapa poin penting tentang  cara penularan virus secara umum. Aids bisa menular dengan berbagai cara namun yang lain umu biasanya menular melalui darah, sperma atau cairan vagina. Beberapa penularan Aids yang lainnya diantaranya adalah melalui:

  • Jarum suntik. Berbagi jarum suntik dengan orang yang menderita penyakit Aids dapat menular kan virus HIV. Contohnya berbagi jarum suntik saat membuat tato atau saat menggunakan obat terlarang seperti napza.
  • Hubungan seks. Cara lain yang dapat menular kan penyakit Aids adalah hubungan seks. Virus HIV akan sangat mudah sekali menular melalui cairan sprema. Nah yang paling sering memang disebabkan oleh sek bebas, sehingga banyak yang menyebut kalau ini adalah penyakit ‘azab’.
  • Transfusi darah. Ini juga sering terjadi saat seseorang menerima transfusi darah dari orang yang memang menderita penyakit HIV.

Cara Mengobati Penyakit Aids

Sebenarnya hingga saat ini belum ditemukan obat untuk menyembuhkan penyakit Aids tersebut. Namun anda bisa memperlambat perkembangan virus Aids tersebut dengan mengontrol dan konsultasi secara rutin ke dokter yang ahli di bidangnya. Maka dari itu cara terbaiknya daah dengan menghindari penyebab penyakit Aids itu sendiri.